/*Under Post -----------------------------*/ #underpost h2{ font-size:13px; font-weight:bold; color:#B8002E; border-bottom:2px solid #000000; padding-left:5px; } #underpost{ width:300px; } #underleft{ width:145px; /*lebar kolom kiri*/ float:left; margin:4px; } #underright{ width:145px; /*lebar kolom kanan*/ float:right; margin:4px; }
TukarLike.Com
Terimakasih

Sebagai tanda Penghormatan saya dan rasa Terimakasih yang sebesar - besarnya kepada Sobat - sobat semua yang telah mengituki , follow atau Join Blog saya maka saya menyajikan Kotak yang berisikan Link para Sobat - sobat semua yang bertujuan agar mempermudah atau mendekatkan antar sesama blogger. Tujuan lainnya juga agar kita bisa dengan mudah untuk saling mem Follow.... Terimakasih



Sunday, February 10, 2013

Kapasitor Eksitasi dan Kompensasi

Assalamu'alaikum bagi pembaca blog ane tercinta... Alhamdulillah Allah masih memberi kesempatan bagi saya untuk dapat menulis kembali blog ini,..setelah lama fakum,.. Tulisan kali ini akan membahas tentang generator induksi... Sebenarnya Apa sih Generator induksi??? Generator induksi merupan salah satu penghasil tenaga listri dari sebuah mesin induksi,.. Generator induksi tidak dapat beroperasi langsung sebagai generator,membutuh kan kapasitor sebagai penghasil daya reaktif yang dibutuhkan untuk merubah motor menjadi generator..... untuk lebih jelasnya akan penulis terangkan secara detai ..
Mesin induksi dapat dioperasikan sebagai motor maupun sebagai generator. Bila dioperasikan sebagai motor, mesin induksi harus dihubungkan dengan sumber tegangan (jala-jala), daya mengalir dari jala-jala ke motor dan mesin bekerja dengan slip lebih besar dari nol sampai satu (0 ≤ s ≤1). Jika mesin induksi dioperasikan sebagai generator, daya akan mengalir dari mesin induksi dan akan bekerja dengan slip yang lebih kecil dari nol (s<0 font="">
Untuk mengoperasikan mesin induksi sebagai generator diperlukan daya mekanis untuk memutar rotor dan sumber daya reaktif untuk memenuhi kebutuhan eksitasi. Kebutuhan daya reaktif dapat diperoleh dari jala-jala atau dari suatu kapasitor. Tanpa adanya daya reaktif, mesin induksi yang dioperasikan sebagai generator tidak menghasilkan tegangan. Jika generator induksi terhubung dengan jala-jala, maka kebutuhan daya reaktif diambil dari jala-jala.
Namun apabila generator induksi tidak terhubung dengan jala-jala, maka kebutuhan daya reaktif dapat disediakan dari suatu unit kapasitor. Kapasitor tersebut dihubungkan paralel dengan terminal keluaran generator. Kapasitor yang dipasang harus mampu memberikan daya reaktif yang dibutuhkan untuk menghasilkan fluksi di celah udara. Sehingga motor induksi dapat beroperasi sebagai generator induksi dengan penguatan sendiri. Perinsip Kerjanya sebagai berikut. Perhatikan gambar dibawah ini.

Pada mesin induksi tidak terdapat hubungan listrik antara stator dengan rotor, karena arus pada rotor merupakan arus induksi. Jika belitan stator diberi tegangan tiga phasa, maka pada stator akan dihasilkan arus tiga phasa, arus ini kemudian akan menghasilkan medan magnet yang berputar dengan kecepatan sinkron       ( ns ) dan kemudian akan melakukan pengisian muatan ke kapasitor ( C ) yang dipasang parallel dengan stator yang tujuannya untuk mensuplai tegangan ke stator nanti untuk mempertahankan kecepatan sinkron      ( ns ) motor induksi pada saat dilakukan pelepasan sumber tegangan tiga phasa pada stator.
            Mesin dc sebagai prime mover yang dikopel dengan mesin induksi diputar secara perlahan memutar rotor mesin induksi hingga mencapai putaran sinkronnya ( nr = ns ).
Syarat utama terbangkitnya tegangan generator induksi adalah adanya remanensi di rotor atau kapasitor eksitasi yang digunakan harus mempunyai muatan listrik terlebih dahulu. Remanensi atau muatan kapasitor merupakan tegangan awal yang diperlukan untuk proses pembangkitan tegangan selanjutnya. Proses pembangkitan tegangan akan terjadi bila salah satu syarat di atas dipenuhi.
Kita masuk kebagian yang sesuai dengan judul diatas...
Kapasitor Eksitasi Dan Kompensasi...

Sebenarnya ap sih kapasitor ???
Kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi atau muatan listrik dalam medan listrik. Struktur sebuah kapasitor terbuat dari dua buah plat metal yang dipisahkan oleh sebuah bahan dielektrik. Jika kedua ujung plat diberi tegangan listrik, maka muatan-muatan positif akan mengumpul pada salah satu kaki (elektroda) metalnya dan pada saat yang sama muatan-muatan negatif terkumpul pada ujung metal yang satu lagi. Muatan positif tidak dapat mengalir menuju ujung kutub negatif dan sebaliknya muatan negatif tidak bisa menuju ke ujung kutub positif, karena terpisah oleh bahan dielektrik yang non-konduktif.
Untuk sistem 3 fase, kapasitor dapat dihubung bintang dan dihubung delta . Perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelasnya.

  Persamaan untuk kedua hubungan diatas adalah 
Nah kedua hubungan tersebut dapat dijadikan sebagai kapasitor eksitasi untuk menjalankan generator induksi...
Apa sih kapasitor eksitasi??(mungkin para pembaca akan bertanya demikian bagi yang belum tau)
Kapasitor eksitasi adalah kapasitor yang bertugas sebagai penghasil daya reaktif pada generator induksi,..tanpa ada kapasitor ini tidak mungkin generator induksi akan bekerja...
Nah,..Kapasitor Kompensasi itu sendiri Apa???
Kapasitor kompensasi adalah kapasitor yang berfungsi membantu kerjanya kapasitor eksitasi...
Letaknya dimana???
Letaknya tergantung memakai hubungan apa,..ada short shun atau Long shun..
umumnya generator induksi memakai hubungan short shun...
pada hubungan short shun..
kapasitor kompensasi di serikan oleh beban,..yang letaknya setelah kapasitor eksitasi,..
untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini...

Sekianlah sedikit penulis berbagi ilmu penulis yang sedikit ini kepada para pembaca blog saya,...
 

2 comments:

  1. Gan, kalau kapasitor yang di genset itu kapasitor exitasi juga ya gan?
    Fungsinya sebagai pengganti avr pada genset
    Namun saya belum dapat prinsip kerja kapasitor tsb sebagai exitasi & pengganti avr gan

    Mohon penverahannya ya gan

    ReplyDelete


  2. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI WWW(dot)MEDIAQQ(Dot)COM

    Semuanya hanya ada di MEDIAQQ

    Kami menyediakan 7 jenis permainan ni:
    1. PLAY AduQ
    2. BANDAR POKER
    3. PLAY BANDARQ
    4. CAPSA SUSUN
    5. PLAY DOMINO 99
    6. PLAY POKER
    7. SAKONG

    Untuk masalah deposite dan withdraw kami minimal 15.000 ribu saja.
    Dengan 15.000 ribu saja sudah bisa bermain 7 game tersebut
    dan mencoba hoki masing-masing lo.
    Dan kami akan memproses Deposite dan Withdraw
    cuma dengan waktu kurang dari 5 menit, bagaimana cepat kan bosku.

    MEDIAQQ juga menyediakan layanan live chat 24 jam nonstop.
    Jika bosku mengalami kesulitan dalam mendaftar atau kurang mengerti.
    Anda dapat menghubungi kami melalui livechat,BBM,SKYPE atau pun Facebook.
    Kami akan siap 24 jam bosku untuk melayani anda
    dan mengatasi semua keluhan anda.

    Kami juga mempunyai macem-macem bonus bosku:
    1. BONUS TURN OVER 0.3%
    2. BONUS REFFERAL 20%

    yuk buruan daftarkan diri anda ke website kami di www(Dot)MEDIAQQ(Dot)com


    ReplyDelete

Read more: http://www.japarus.com/2012/03/cara-menambah-rating-bintang-di.html#ixzz2Ln7si4u6
▲Top▲